Toyota Berencana Meluncurkan SUV Baru Berbasis Komponen Fortuner

 

Toyota Berencana Meluncurkan SUV Baru Berbasis Komponen Fortuner
Toyota Fortuner Foto: Dok. TAM

BOABOA.BATAKTIVE.COM, JAKARTA - Toyota dikabarkan akan memperluas segmen mobil Sport Utility Vehicles (SUV) dengan merilis produk baru yang akan berbagi suku cadang dengan Fortuner. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Autoindustriya pada Kamis (8/6/2023), sumber yang bekerja di Toyota mengungkapkan bahwa SUV baru ini akan mulai diproduksi antara kuartal keempat 2024 hingga kuartal kelima 2025. Fasilitas produksi yang akan digunakan berlokasi di Thailand.

Meskipun belum ada nama resmi untuk SUV terbaru ini, Toyota telah menggunakan kode internal 500D untuk merujuk pada mobil tersebut. Mobil ini juga direncanakan akan diekspor ke wilayah Asia Tenggara.

Yang menarik, SUV terbaru ini akan menggunakan komponen yang sudah digunakan pada Fortuner, termasuk mesin GD Turbodiesel dan mesin bensin TR. Model terbaru ini kemungkinan akan menjadi SUV body-on-frame seperti Fortuner.

Dengan menggunakan kode komponen yang sama dengan Fortuner, ada kemungkinan bahwa mesin dan transmisi yang digunakan dapat mengadopsi penggerak roda belakang atau penggerak empat roda.

Toyota memiliki beragam produk, terutama di segmen SUV dan crossover. Mulai dari SUV berbasis rangka seperti Land Cruiser, Prado, hingga Fortuner, serta crossover seperti RAV4, Corolla Cross, dan Rush. Bahkan model Raize dan Yaris Cross juga telah dijual di Indonesia.

Dalam hal harga, Toyota menawarkan rentang yang luas untuk menarik berbagai pelanggan. Namun, belum jelas posisi produk SUV baru ini dalam jajaran Toyota.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan namanya oleh Autoindustriya, kemungkinan model terbaru Toyota ini akan ditempatkan di antara Fortuner dan Corolla Cross. Hal ini karena terdapat perbedaan harga di antara kedua model tersebut.

Strategi untuk mengisi celah antara model yang ada telah terbukti menguntungkan bagi Toyota dalam pengembangan produk. Toyota secara konsisten menjadi pemimpin pasar di wilayah ASEAN, termasuk Indonesia, Thailand, Australia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Filipina, dan tentu saja Jepang. Penjualan Toyota di ASEAN hanya kalah dari Honda di Malaysia.

Dengan begitu, kita harus menunggu untuk melihat apakah Toyota benar-benar akan meluncurkan SUV baru ini yang sering disebut sebagai "Fortuner Junior".

Posting Komentar

0 Komentar